Top
ANJ’s Sustainability Report Design | AZ's Blog
fade
139494
post-template-default,single,single-post,postid-139494,single-format-standard,eltd-core-1.2.1,flow-ver-1.7,,eltd-smooth-page-transitions,ajax,eltd-blog-installed,page-template-blog-standard,eltd-header-standard,eltd-fixed-on-scroll,eltd-default-mobile-header,eltd-sticky-up-mobile-header,eltd-dropdown-slide-from-bottom,wpb-js-composer js-comp-ver-6.4.2,vc_responsive
AZ's Blog | Indonesia Photograher / Comercial  / ANJ’s Sustainability Report Design

ANJ’s Sustainability Report Design

Senang sekali saya melihat lembar demi lembar sustainability report ini. Selain mendapat penugasan terkait produksi visual (khususnya fotografi) dengan pendekatan editorial, yang menarik dalam project ini, saya juga diberikan kesempatan untuk bisa memberikan pendapat menyangkut visual concept design dari laporan ini. Ya.., semacam menjadi art director atau konsultan visual lah…. Tentu sebuah kehormatan bagi saya karna bisa menyampaikan beberapa ide dan gagasan yang harapannya tentu membuat desain lebih menarik juga dengan pendekatan visual storytelling pesan akan lebih mudah tersampaikan. Memang, menarik atau tidak, pas atau ndak, bagaimana sebuah visual disampaikan dan ditampilkan juga menyangkut selera. Namun kadang kita lupa bahwa selera banyak juga dipengaruhi oleh wawasan.

Pendekatan visual storytelling dalam pembuatan dan penyusunan sustainability report menggunakan berbagai elemen visual, termasuk foto, font, warna, dan desain grafis, mampu menyampaikan pesan-pesan keberlanjutan lebih efektif. Pendekatan ini memiliki daya tarik yang kuat karena membuat laporan lebih menarik, mudah dipahami, membangun koneksi emosional dengan pembaca, meningkatkan pemahaman tentang komitmen dan pencapaian keberlanjutan, yang pada akhirnya diharapkan menjadi pendorong tindakan yang berkelanjutan.

Salah satu elemen kunci dalam pendekatan visual storytelling adalah penggunaan foto yang tepat. Foto-foto yang dipilih dengan cermat dapat memberikan bukti konkret tentang praktik berkelanjutan dan dampak yang dihasilkan. Misalnya, foto-foto yang menampilkan upaya perlindungan lingkungan, keterlibatan komunitas, atau praktik berkelanjutan dalam rantai pasok dapat memperkuat narasi dan memberikan gambaran yang kuat tentang komitmen keberlanjutan perusahaan atau organisasi.

Selain foto, font dan desain grafis juga berperan penting dalam visual storytelling. Pemilihan font yang sesuai dapat membantu menciptakan suasana yang tepat dan meningkatkan keterbacaan laporan. Selanjutnya, penggunaan warna yang tepat dapat membantu menciptakan suasana, menonjolkan informasi penting, dan mempertegas pesan. Pemilihan palet warna yang konsisten dengan identitas merek dan relevan dengan isu-isu keberlanjutan dapat memberikan kesan yang kuat dan kohesif dalam laporan.

Sebuah karya menarik macam ini tentu bukan hasil kerja satu atau dua orang saja. Tapi merupakan hasil kerja tim yang terdiri dari banyak kepala yang mampu berinteraksi dengan asik dan bisa saling mengisi. Dan menurut saya kerja tim annual/sustainability repot ANJ sangat luar biasa. Dari beberapa pertemuan yang saya hadiri saya bisa merasakan semangat, antusias, dan perhatian mereka. Tidak hanya menyangkut konten tapi lebih jauh bagaiaman data-data tersebut akan disampaikan ke audien. Karna itu, selain kepada pihak Management ANJ yang sudah memberikan kesempatan kepada saya, tak lupa terima kasih juga saya sampaikan kepada tim annual & sustainability repot ANJ, Kakak-Kakak: Riftyza, Satria, Martha, Claudia, Priya, Airlangga, Arisnal, Gilang, Anton semoga tidak ada nama terlewat), yang sudah berbagi waktu untuk berdiskusi panjang lebar juga mengasyikkan. Terima kasih juga untuk Om Tyza dan mbak Inez yang sudah banyak membantu selama di lapangan, bersama Tim Konservasi Siais dan Binanga Om Marson, Om Boy, om Fajar, dkk, juga mas Boy.

Commissioned Work for Austindo Nusantara Jaya (ANJ) | Sustainability Report | 2023

Photographs by Ahmad Zamroni | Graphic Desain by Willy Proad and team
Selengkapnya : https://anj-group.com/en/sustainability-report

Post a Comment

})(jQuery)