Top
ANJ’s Annual Report Design | AZ's Blog
fade
139518
post-template-default,single,single-post,postid-139518,single-format-standard,eltd-core-1.2.1,flow-ver-1.7,,eltd-smooth-page-transitions,ajax,eltd-blog-installed,page-template-blog-standard,eltd-header-standard,eltd-fixed-on-scroll,eltd-default-mobile-header,eltd-sticky-up-mobile-header,eltd-dropdown-slide-from-bottom,wpb-js-composer js-comp-ver-6.4.2,vc_responsive
AZ's Blog | Indonesia Photograher / Comercial  / ANJ’s Annual Report Design

ANJ’s Annual Report Design

Annual Report atau Laporan Tahunan, merupakan hal penting bagi perusahaan. Dari dokumen ini kita bisa memahami akan perkembangan perusahaan, khususnya dalam kurun waktu setahun terakhir. Menceritakan pencapaian yang diraih, tantangan yang dihadapi, laporan keuangan, tata kelola, juga prospek perusahaan di masa datang. Sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada para stakeholder, karyawan, para pemegang saham, atau pun masyarakat. Sebagai tanggung jawab formal maupun sosial.

Annual report design of Austindo Nusantara Jaya (ANJ). Art Director and photography by Ahmad Zamroni. 2023

Di artikel ini saya akan menampilkan beberapa halaman dari project annual report dari PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ). Sebuah rangkaian dari project serupa, sustainability report, yang sudah saya unggah di artikel sebelumnya, yang digarap dengan pendekatan visual storytelling. Sebuah metode bertutur yang banyak menggunakan kekuatan visual di dalamnya. Tidak hanya tentang bagaimana dan apa foto yang dibuat dan ditampilkan, visual storytelling juga menyangkut penggunaan warna, tipografi, grafik, simbol, dan tentu infografis. Dan saya pikir, kombinasi apik dari semua itu ke dalam sebuah halaman (desain) yang akan membuat ‘menarik’ suatu pesan. Dinamis, mudah dipahami, tersampaikan, membangkitkan komunikasi, bahkan sangat mungkin akan memotivasi dan berujung pada aksi.

Photography by Ahmad Zamroni. 2023


Selain itu, pendekatan ini dapat meningkatkan daya ingat dan retensi informasi, mempermudah interpretasi data kompleks, dan membangun koneksi emosional dengan pembaca. Dengan demikian, penggunaan visual storytelling dalam annual report dapat memberikan pengalaman membaca yang lebih menarik, memperkokoh jenama perusahaan, dan meningkatkan transparansi komunikasi kepada para stakeholder.

Annual report design of Austindo Nusantara Jaya (ANJ). Art Director and Photography by Ahmad Zamroni. 2023

Walau desain dan foto, dimana saya terlibat banyak dalam pengerjaannya, belum tentu memuaskan banyak pihak, saya berharap laporan ini bisa lebih baik dari segi tampilan maupun pesan yang tersampikan dari tahun-tahun sebelumnya. Terima kasih kepada Management ANJ, President Director Bapak Lucas Kurniawan dan Sustainability Director & Corporate Communication Ibu Nunik Maharani, untuk kepercayaan dan kesempatan yang diberika. Juga saya ucapkan terima kasih kepada tim annual report ANJ dan tim ProAd yang begitu luar biasa bekerja dalam menyelesaikan laporan ini hingga bisa ditampilkan semacam ini. Juga untuk tim Internal Communication, Conservation, dan keluarga besar ANJ Siais-Binanga yang telah membantu kami dalam pengerjaan pembuatan foto, terima kasih.

Annual report : https://anj-group.com/en/annual-report

Cover ANJ’s annual report. Photography by Ahmad Zamroni. 2023
No Comments

Post a Comment

})(jQuery)